Sabtu, 27 Juli 2013

Preferensi Terhadap Content Rubrik Olahraga Jawa Pos

Preferensi Terhadap Content Rubrik Olahraga Jawa Pos
Pembaca merupakan individu yang aktif dalam memilih atau menyeleksi berita. Berita yang menurut mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka yang akan mereka baca, sedankan berita yang tidak sesuai dengan kebutuhannya akan diabaikan. Tidak semua individu memiliki kebutuhan yang sama dalam mendapatkan informasi dari sebuah surat kabar.
Preferensi yang dimaksud adalah bagaimana masyarakat Surabaya pembaca surat kabar Jawa Pos memiliki ketertarikan untuk membaca content yang ada pada rubrik olahraga. Pembaca diasumsikan memiliki tahap afektif dalam membaca rubrik olahraga tersebut, yaitu meliputi tahap liking dan preference. Dalam tahapan ini pembaca dapat menentukan rasa suka terhadap suatu berita maupun artikel yang terkandung dalam rubrik tersebut. Ini dipengaruhi oleh field of experience dan frame of refference yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Kemudian sampai pada tahap preference, peneliti mengasumsikan bahwa pembaca telah memiliki pilihan tertentu dari berbagai macam variasi content yang ada pada rubrik olahraga Jawa Pos yang mungkin memiliki kesamaan atau pebedaaan antar pembaca (Kasali, 1992 : 53-54).
Preferensi juga memiliki makna selectivity “…bahwa perilaku media mencerminkan dari kepentingan selektivitas audience dalam menyeleksi content...” (Rakmat, 2003: 65). Untuk selektivitas itu sendiri ada dua macam, yaitu selektivitas jenis media dan selektivitas content media. Peneliti melihat preferensi tersebut dari metode item selection dan tracking study: Yang pertama menggunakan item selection untuk mengetahui pemilihan content yang dibaca pertama kali. Cara yang digunakan adalah dengan memberikan rubrik olahraga Jawa Pos secara utuh (Satu eksemplar), kemudian pembaca disuruh untuk memberikan tanda (Stabillo) terhadap content yang pertama kali dibaca. Seperti yang diungkapkan Stamn, Jackson, dan Jacoubovitch (1980):

0 komentar:

Posting Komentar