Preferensi Terhadap Content Rubrik Olahraga Jawa Pos
Pembaca merupakan individu yang aktif
dalam memilih atau menyeleksi berita. Berita yang menurut mereka dapat memenuhi
kebutuhan mereka yang akan mereka baca, sedankan berita yang tidak sesuai
dengan kebutuhannya akan diabaikan. Tidak semua individu memiliki kebutuhan
yang sama dalam mendapatkan informasi dari sebuah surat kabar.
Preferensi yang dimaksud adalah
bagaimana masyarakat Surabaya pembaca surat kabar Jawa Pos memiliki
ketertarikan untuk membaca content
yang ada pada rubrik olahraga. Pembaca diasumsikan memiliki tahap afektif dalam
membaca rubrik olahraga tersebut, yaitu meliputi tahap liking dan preference.
Dalam tahapan ini pembaca dapat menentukan rasa suka terhadap suatu berita
maupun artikel yang terkandung dalam rubrik tersebut. Ini dipengaruhi oleh field of experience dan frame of refference yang dimiliki oleh
seseorang tersebut. Kemudian sampai pada tahap preference, peneliti mengasumsikan bahwa pembaca telah memiliki
pilihan tertentu dari berbagai macam variasi content yang ada pada rubrik olahraga Jawa Pos yang mungkin
memiliki kesamaan atau pebedaaan antar pembaca (Kasali, 1992 : 53-54).
Preferensi juga memiliki makna selectivity “…bahwa perilaku media mencerminkan
dari kepentingan selektivitas audience
dalam menyeleksi content...” (Rakmat,
2003: 65). Untuk selektivitas itu sendiri ada dua macam, yaitu selektivitas
jenis media dan selektivitas content
media. Peneliti melihat preferensi tersebut dari metode item selection dan tracking study: Yang pertama menggunakan item
selection untuk mengetahui pemilihan content yang dibaca pertama kali. Cara
yang digunakan adalah dengan memberikan rubrik olahraga Jawa Pos secara utuh
(Satu eksemplar), kemudian pembaca disuruh untuk memberikan tanda (Stabillo)
terhadap content yang pertama kali
dibaca. Seperti yang diungkapkan Stamn, Jackson, dan Jacoubovitch (1980):
0 komentar:
Posting Komentar