Jumat, 09 Agustus 2013

Pengertian PT.Indonesia Sport Venture (Mahaka Group)

Pengertian PT.Indonesia Sport Venture (Mahaka Group)
PT. Indonesia Sport Venture (Mahaka Group) adalah perusahaan yang mengelola beberapa unit bisnis yaitu klub basket Satria Muda BritAma yang berlaga di National Basketball League (NBL), klub basket Indonesia Warriors yang berlaga di Asean Basketball League (ABL), Indonesia Sport Medicine Center (ISMC) ,dan sekolah basket, Mahaka Basketball Training Camp (MBTC) yang sekarang telah berganti nama menjadi Indonesia Basketball Camp (IBC).


Indonesia Basketball Camp sebagai sekolah basket PT. Indonesia Sport Venture dibentuk untuk lebih memberikan program atau pelatihan yang intensif bagi generasi muda Indonesia yang menggemari olahraga bola basket untuk mencapai jenjang prestasi di kemudian hari. Program pelatihan yang diberikan ini adalah program menyeluruh dan terpadu sehingga diharapkan mampu untuk menjadikan generasi muda Indonesia yang berprestasi di dalam olahraga bola basket baik di tingkat nasional maupun internasional.


Indonesia Basketball Camp ini sendiri memiliki 2 golongan siswa dimana dibagi berdasarkan rentang usia. Kelompok usia 7 -15 tahun yaitu sejumlah 300 siswa dan kelompok usia 15 – 19 tahun sejumlah 100 siswa. Dengan rentang usia seperti diatas dapat dipastikan jika siswa – siswi yang ingin bergabung dengan IBC, mengalami kesulitan dalam proses mendaftar dan mengatur jadwal yang diinginkan karena bertabrakan dengan jadwal sekolah maupun kursus. Maka dari itu, aplikasi berbasis web ini dibuat dan ditujukan untuk membantu siswa – siswi yang gemar, berbakat, dan berniat menekuni di bidang bola basket dalam melakukan pendaftaran dan pengaturan jadwal secara online.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembahasan skripsi ini adalah perancangan dan implementasi aplikasi berbasis web yang berfungsi sebagai :
1. Media pemasaran dan informasi bagi Indonesia Basketball Camp.
2. Media pendaftaran untuk calon member Indonesia Basketball Camp.
3. Media pemilihan jadwal latihan untuk member Indonesia Basketball Camp.



Tujuan dan Manfaat
Dalam penyusunan skripsi ini terdapat tujuan yang ingin dicapai dan manfaat untuk perusahaan terkait.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :

1. Merancang aplikasi Pemasaran dan Scheduling berbasis web untuk PT. Indonesia Sport Venture.
Manfaat dari penulisan skripsi ini adalah :
1. PT. Indonesia Sport Venture dapat meningkatkan promosi Indonesia Basketball Camp.
2. Calon siswa-siswi IBC dapat melakukan pendaftaran secara online.
3. Siswa-siswi IBC dapat melakukan pengaturan jadwal sendiri berdasarkan pilihan jadwal yang sudah disediakan.

Metodologi
Informasi yang didapat dikumpulkan dengan berbagai metode pengumpulan data sebagai berikut :

A. Metode Pengumpulan Data
1. Studi Lapangan

a. Observasi
Dilakukan dengan cara mendatangi tempat-tempat pelatihan Indonesia Basketball Camp untuk mengetahui kegiatan pendaftaran dan pengaturan jadwal latihan yang selama ini telah dilakukan.

b. Wawancara
Dilakukan dengan mewawancara General Manager dari PT. Indonesia Sport Venture tentang kebutuhan dalam pengembangan perusahaan dan digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai data perusahaan, meliputi sejarah perusahaan, jabatan yang terdapat dalam perusahaan, sistem yang terdapat pada perusahaan.

c. Kuesioner
Dilakukan dengan cara memberikan lembaran kuesioner kepada responden yang merupakan member yang sudah terdaftar untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi.

2. Studi Pustaka
Dalam studi kepustakaan, kegiatan yang dilakukan adalah mencari dan membaca dari buku-buku, jurnal, dan e-book yang terkait, mencari informasi dari internet, dan merangkum semua bahan, lalu mengambil kesimpulan dari sumber-sumber yang sudah didapatkan. Dan kemudian teori-teori tersebut menjadi bahan acuan untuk melakukan perancangan aplikasi ini.

Metode Analisis dan Perancangan
Metode yang digunakan dalam “Aplikasi Pemasaran dan Scheduling Sekolah Basket PT. Indonesia Sport Venture Berbasis Web” yang mengacu pada Waterfall Model (Pressman, 2010) :
1. Communication
a. Project Initiation
Penggambaran global pada suatu proyek, dan sistem akan dilakukan dan memiliki tujuan dan ruang lingkup proyek.
b. Requirement Gathering
Dilakukannya kunjungan langsung ke perusahaan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi disana. Dan didapatkannya kebutuhan aplikasi berbasis web dari Indonesia Basketball Camp.


2. Planning
a. Estimating
Perkiraan awal terhadap waktu, biaya, dan sumber daya yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi.
b. Scheduling
Penjadwalan terhadap waktu, biaya, dan sumber daya yang terkait dengan proses pembuatan aplikasi.


3. Modeling
Melakukan analisis tentang bentuk sistem dan desain aplikasi berbasis web Indonesia Basketball Camp yang akan dibuat. Untuk membantu melakukan proses System dan Software Design, digunakan beberapa model seperti berikut :
a. Analysis Model :
- Flow Chart
b. Design Model :
- Unified Modelling Language

4. Construction
a. Code
Pada tahap ini, aplikasi mulai dibuat (coding) berdasarkan dengan rancangan yang telah dibuat.
b. Testing
Sistem yang telah dirancang dan dikembangkan, diuji coba terlebih dahulu agar terhindar dari adanya kesalahan.


5. Deployment
Setelah melewati semua testing dengan baik dan tanpa error, maka aplikasi akan di-hosting agar bisa digunakan oleh pihak perusahaan dan target perusahaan.


0 komentar:

Posting Komentar