Jumat, 09 Agustus 2013

METODE PENELITIAN

METODE PENELITIAN
Sebagai studi lapangan, penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang banyak melibatkan orang untuk diwawancarai dengan semakin banyak orang di Malang untuk dimintai pendapatnya dan perasaannya tentang olah raga di Malang, maka semakin valid datanya.


Tempat dan Waktu Pentlitian
Penelitian ini dilakukan di Kota Malang, di antaranya velodrome, Stadion Gajayana, dan beberapa tempat lain seperti gedung-gedung olah raga, tempat olah raga di universitas, stadion dan jalan lokal. Waktu penelitian dilakukan antara bulan September sampai Desember tahun 2004.


Populasi dan Sampel
Walaupun sepak bola adalah cukup besar di Malang, peneliti juga ingin melihat pada olah raga lain. Sebetulnya bagian besar laporan ini memfokuskan terhadap sepak bola karena itu olah raga yang terbesar di Malang. Akan tetapi, ada beberapa olah raga lain yang juga besar dan agak populer. Oleh karena itu, peneliti mencoba mewawancarai sebanyak mungkin pemain dan penonton olah raga dari beberapa cabang olah raga selain sepak bola misalnya balap sepeda, paralayang dan karate.



Teknik Pengumpulan Data
Untuk mengumpul data, peneliti memakai beberapa metode. Yang paling utama, peneliti memakai observasi. Sebab dengan observasi, peneliti dapat menemukan lebih banyak pendapat orang daripada kalau dibuat pertanyaan dalam bentuk angket. Peneliti juga terkadang ikut pertandingan olah raga, dan juga menjadi terlibat dalam menonton olah raga, misalnya menonton Arema di Stadion Gajayana. Selain itu, peneliti sering bertanya kepada penduduk Malang, kedua secara formal seperti wawancara dan informal dengan melakukan pembicaraan secara umum. Untuk melengkapi data yang diperlukan maka digunakan angket terutama pemain dan penonton olah raga. Peneliti juga sering membaca bagian olah raga dalam surat kabar termasuk Kompas, Jawa Pos dan Malang Pos.


Profil Lokasi Penelitian
Setelah melakukan penelitian di Malang, maka peneliti menetapkan untuk responden dapat diklasifikasikan dalam beberapa topik. Topiknya adalah,
Aremania
Profil Atlet Berprestasi di Malang
Motivasi Pemain Olah raga
Olah raga Sore di Tempat Umum
Pendapat Masyarakat Malang Tentang Olah raga dan Pemainnya

0 komentar:

Posting Komentar