Sabtu, 24 Agustus 2013

KESIMPULAN KABAR OLAH RAGA

KESIMPULAN
Berdasar penjabaran yang telah dijelaskan sebelumnya, peneliti dapat menarik beberapa kesimpulan tetang preferensi (item selection) masyarakat Surabaya terhadap rubruk olahraga Jawa Pos. Pertama, berdasarkan header halaman pada rubrik olahraga Jawa Pos, masyarakat Surabaya memiliki preferensi terhadap header halaman sportivo/sportainment untuk dibaca pertama kali. Dilihat dari kategori sosial masyarakat Surabaya, jenis kelamin merupakan faktor yang paling mempengaruhi dalam memilih header halaman. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah peminat content bacaan olahraga yang didominasi oleh laki-laki. Dan content rubrik olahraga tersebut juga banyak menampilkan sisi maskulinitas dalam olahraga. Kedua, berdasarkan jenis olahraganya, masyarakat Surabaya memiliki preferensi terhadap jenis olahraga sepak bola untuk dibaca pertama kali. Dilihat dari kategori sosial masyarakat Surabaya, jenis kelamin merupakan faktor yang paling mempengaruhi dalam memilih jenis olahraga. Dan ketiga, berdasarkan coverage area berita, masyarakat Surabaya memiliki preferensi terhadap berita internasional untuk dibaca pertama kali. Dilihat dari kategori sosial masyarakat Surabaya, usia dan tingkat pendidikan merupakan faktor yang paling mempengaruhi dalam memilih header halaman.

Selanjutnya, mengenai cara baca masyarakat Surabaya, peneliti menarik kesimpulan bahwa masyarakat Surabaya membaca dengan cara yang sama untuk content berita olahraga berdasarkan header halaman, jenis olahraga, dan coverage area beritanya. Sebagian besar masyarakat Surabaya membaca hanya sebagian content dengan cara acak. Dalam membaca content berita olahraga berdasarkan header halaman, jenis olahraga, dan coverage area berita, semua masyarakat Surabaya membaca content yang ada gambarnya. Namun sebagian besar masyarakat Surabaya lebih mengutamakan teks berita daripada gambarnya. Kemudian dilihat dari faktor kategori social masyarakat Surabaya, usia dan jenis kelamin tidak terlalu signifikan dalam mempengaruhi cara baca masyarakat Surabaya. Namun, tingkat pendidikan masyarakat Surabaya sangat mempengaruhi cara baca masyarakat Surabaya terhadap rubrik olahraga Jawa Pos.

DAFTAR PUSTAKA
Ardianto, E,. Erdinaya, L. 2005. Komunikasi massa suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Atherton, Pauline. 1986. Sistem dan Pelayanan Informasi, Edisi Bahasa Indonesia. Terjemahan oleh Bambang Hartono. Jakarta: Arga Kencana Abadi.

Boutilier, M. A dan SanGiovani, L. 1981. “Women, Sport and Public Policy”. In Sociology of Sport: Diverse Perspektif. 1st Annual Nass Conference Proceedings. New York: Leisure Press.

Brown, Ernest. 1940. A Study Of Stuvent Publications. Indianapolis: College Of Education Butler University.

Burton, Graeme. 2007. Membincangkan Televisi: Sebuah Pengantar Kepada Studi Televisi. Bandung: Jalasutra.

Effendy, Onong Uchjana. 1992. Ilmu komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

____________________. 2006. Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Fairclough, Norman. 1995.Media Discourse. London: Edward Arnold.

Feldman, Robert S. 1990. Understanding Psychology. New York: McGraw Hill Publishing Company.

Flournoy, Don Michael. 1989. Analisis Isi Surat Kabar-Surat Kabar Indonesia. Yogyakarta :Gadjah Mada University Press.

Fowles, ILb, .1996. Advertising and Popular Culture. London: Sage Publications.

George, J.M dan Zhou, J. (2001). When opennes to experiences andconscientiusness are related to creative behaviour: an internal approch. Journal of Applied Psychology.

Hawkins, Del I dan Davis L. Mothersbaugh. 2010. Consumer Behavior:Building Marketing Strategy. New York: The McGraw-Hill Companies Inc.

Hurlock, Elizabeth. 1999. Psikologi Perkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga

Itule, B.D. & Anderson, D.A. 2003. News writing and reporting. New York: McGraw-Hill Higher Education.

Kasali, Rhenald.1995. Managemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kriyanto, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Littlejohn, Stephen W. 1999. Theories of Human Communication, Sixth Edition. New Mexico: Wads Worth Publishing Company.

Masduki & Musayin, N. 2008. Media, jurnalisme dan budaya populer. Yogyakarta. UII Press.

McQuail, Denis. 1987. Teori komunikasi massa, suatu pengantar. Jakarta: Erlangga

____________. 1997. Audience Analysis. London: SAGE.

____________. 2002. Teori komunikasi massa, suatu pengantar. Jakarta: Erlangga

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Oetama, Jakob. 1989. Perspektif Pers Indoneisia. Jakarta: LP3ES.

Rakhmat, Jalaluddin. 2003. Psikologi Komunikasi, edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_________________. 2005. Metode Penelitian Komunikasi, cetakan kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, Endang S. 1993. Audience Research: Pengantar Studi Penelitian terhadap Pembaca, Pendengar, Pemirsa. Jogjakarta: Ardi Offset.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia

Solomon, R. Michael. 2009. Customer Behaviour: A European Perspective. New Jersey: Financial Times Prentice Hall.

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharto, Edi. 2009. Pekerja Sosial di Dunia Industri. Bandung : PT Refika Aditama

White, Ted. 1996. Broadcast News Writing, Reporting, and Producing .London: Focal Press.

Yusup, Pawit, M. 1995. Pedoman Praktis Mencari Informasi. Bandung: Remaja Rusda Karya.

0 komentar:

Posting Komentar